Tips Berpuasa yang Sehat

Tipandroid – Ketika berpuasa beberapa orang memang sering kalap saat berbuka. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi kaget. Menikmati es dan konsumsi makanan pedas serta berminyak saat puasa perlu dibatasi. Efeknya bisa menyebabkan radang tenggorokan, flu dan batuk yang dapat mengganggu aktivitas berpuasa.

Berikut Tipandroid bagikan beberapa tips puasa yang sehat.

  1. Pilih Menu Makanan Sahur yang Sehat

Apa yang Anda makan ketika sahur juga penting untuk menghasilkan tubuh tetap sehat ketika puasa dan menyiapkan tubuh menahan lapar dan haus. Anda disarankan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak dan sup, karena makanan dengan lemak dan minyak berlebih justru dapat menyebabkan kelesuan ketika berpuasa. Dan konsumsi berbagai macam sayur dan buah yang diolah tanpa menggunakan santan. Karena santan dapat meningkatkan kolesterol. (Tipandroid)

  1. Batalkan Puasa dengan Kurma

Anda disarankan untuk memulai buka puasa dengan kurma atau kacang-kacangan lainnya terlebih dahulu, sebelum makan hidangan utama. Berdasarkan sunnah dalam berbuka puasa disarankan memakan 3 butir kurma. Karena kurma memang baik bagi tubuh dan banyak manfaatnya. (Tipandroid)

  1. Jangan Minum Terlalu Banyak Air Saat Berbuka Puasa

Setelah puasa berjam-jam, tentu tubuh akan membutuhkan banyak air, tetapi anda diperingatkan untuk tidak minum terlalu banyak air saat berbuka puasa. Apabila Anda minum lebih dari dua gelas, itu bisa membuat Anda merasa cepat kenyang sehingga tidak mengonsumsi makanan bergizi lainnya yang justru dibutuhkan tubuh, seperti buah-buahan. Minum air dengan jumlah yang banyak dapat dilakukan setelah makan besar atau setelah sholat isya.

  1. Perbanyak Minum Banyak Air Saat Sahur

Dehidrasi biasa dialami oleh rang yang berpuasa karena kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, Anda dapat menggantinya dengan minum banyak air saat sahur. Dengan minum air putih saat sahur akan membantu membersihkan usus besar anda sekaligus membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan dengan baik. (Tipandroid)

  1. Berolahraga Setelah Berbuka Puasa

demi mencapai badan tetap sehat di bulan Ramadhan ini, alangkah baiknya tetap berolahraga. Memang tidak disarankan untuk melakukan olahraga di saat waktu puasa, karena saat puasa perut dalam keadaan kosong dan bisa mengakibatkan dehidrasi. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman. Sehingga olahraga dapat dilakukan maksimal. (Tipandroid)

  1. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi teh, kopi, atau minuman bersoda. Minuman yang mengandung kafein bersifat diuretik sehingga dapat merangsang tubuh kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil. (Tipandroid)

  1. Jangan Melewatkan Sahur

Sahur adalah sunnah dalam berpuasa. Dengan sahur, seseorang tidak akan merasakan lapar lebih dari yang seharusnya saat berpuasa. Jadi, jangan pernah malas untuk bangun tidur saat sahur. Sahur juga sebagai pengganti sarapan. Pastikan konsumsi makanan dengan menu yang sehat. Meliputi sayur dan buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *