Apa itu psoriasis?

Psoriasis vulgaris, juga dikenal sebagai psoriasis, adalah penyakit radang yang ditandai dengan ruam merah dan berat lemak. Terkadang bisa disertai dengan rasa gatal dan nyeri pada kulit yang terkena. Penyakit ini diklasifikasikan sebagai penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh kita, yang seharusnya melindungi kita dari serangan balik, menyerang tubuh kita sendiri.

Secara umum, siklus pergantian sel kulit normal membutuhkan 3-4 minggu, tetapi pada orang dengan psoriasis hanya butuh 3-7 hari. Itu sebabnya kulit menjadi tebal dan bersisik. Penyebab psoriasis berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh kita, faktor genetik dan faktor lingkungan. Ketika datang ke faktor lingkungan, ada faktor yang dapat menyebabkan psoriasis pada seseorang dengan bakat untuk psoriasis. Faktor-faktor lingkungan ini termasuk kerusakan kulit, berbagai jenis obat, stres, minuman beralkohol, merokok, infeksi dan juga ketidakseimbangan hormon.

Karena peran faktor genetik, penyakit ini dapat diwariskan dalam keluarga, tetapi penyakit ini bukan penyakit menular, jadi ketika kita melakukan kontak dengan orang yang terkena psoriasis, kita tidak mendapatkan psoriasis. Selain radang kulit, psoriasis juga bisa memengaruhi sendi dan kuku. Peradangan pada sendi atau dikenal sebagai arthritis psoriatik ditemukan pada 40% pasien psoriasis. Gejala yang terjadi seperti rheumatoid arthritis, seperti pembengkakan jari tangan dan kaki, perasaan kaku, terutama di pagi hari, dan pembengkakan sendi. Pada 80% pasien dengan arthritis psoriatik ada juga gejala psoriasis pada kuku, dengan gejala seperti kelengkungan kuku, warnanya kusam dan kuku juga rusak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa psoriasis tidak hanya mempengaruhi bagian luar tetapi dapat mempengaruhi seluruh tubuh karena sel-sel kekebalan yang menyebabkan peradangan ditemukan di seluruh tubuh, sehingga pada pasien psoriasis ada peningkatan risiko komorbiditas lain seperti jantung dan pembuluh darah, obesitas, diabetes, hipertensi, dislipidemia (kolesterol), sindrom metabolik, penyakit hati, kanker, kecemasan dan depresi dan penyakit radang usus. Itulah mengapa penting untuk mendeteksi dan mengobati penyakit penyerta ini sejak dini.

In: Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Customer Service

Text Widget

Aliquam ut tellus ligula. Nam blandit massa nec neque rutrum a euismod t ellus ultricies! Phasellus nulla tellus, fringilla quis tristique ornare, condi mentum non erat. Aliquam congue or nare varius.

Flickr Stream

Latest Tweets