Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan

Liburan yang penuh kerumitan tidak menyenangkan dan tidak nyaman. Kali ini travel Surabaya Jember akan merekomendasikan tempat wisata yang cocok untuk menenangkan pikiran. Yaitu di kawasan Pasuruan, saat berkunjung ke kawasan Pasuruan, Jawa Timur sebaiknya singgah di salah satu tempat wisata alam yang indah dan memanjakan yaitu air terjun Putuk Truno Prigen.

Sebagai destinasi wisata utama di Pasuruan, air terjun Putuk Truno memiliki suasana yang sangat menyegarkan. Keindahan alam yang sangat indah, akses yang mudah dan harga tiket masuk yang murah ke air terjun Putuk Truno menjadi alasan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Kehadirannya di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno juga tentunya memberikan suasana yang segar dan asri untuk lokasi ini.

Air Terjun Putuk Truno merupakan tempat wisata yang terletak di kawasan Prigen Pasuruan, Jawa Timur. Wisata air terjun Putuk Truno memiliki banyak sekali atraksi yang bisa dinikmati oleh wisatawan, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 45 meter. Sumber air ini berasal dari Gunung Arjuno – Welirang. Dengan aliran air yang lumayan deras tentunya akan menambah keindahan air terjun Putuk Truno ini.

Keindahan air terjun Putuk Truno Prigen memang sangat digemari, terutama di kalangan penyuka fotografi. Memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan aliran air yang lancar dan cukup deras untuk menjadi pemandangan yang menenangkan. Keindahan air terjun di Pasuruan ini juga sangat terjaga. Hal itu dibuktikan dengan beragam tanaman subur yang terdapat di sekitar tempat wisata ini. Aliran sungai di air terjun Putuk Truno juga sangat bersih dan jernih yang tentunya akan menambah rasa kesegaran dan kedamaian saat mengunjungi air terjun cantik di Pasuruan ini.

Wisatawan tak perlu khawatir untuk menikmati keindahan air terjun Putuk Truno ini. Meski cukup jauh dari Kota Pasuruan, namun memiliki jalan raya yang bagus dan mudah dijangkau. Saat berjalan kaki dari pintu masuk kota peristirahatan Air Terjun Putuk Truno, pengunjung tidak membutuhkan tenaga ekstra seperti puluhan menit trekking atau stamina fisik untuk menempuh jalur ekstrim.

Selain keindahannya yang mempesona, keberadaan air terjun Putune Trune tidak lepas dari mitos yang melegenda hingga saat ini. Ada pasangan yang mandi di bawah air terjun ini, percaya bahwa mereka telah menjalani cinta yang abadi. Asal mula nama Putuk Truno adalah tempat berkumpulnya cinta Joko Taruno. Seorang pangeran kerajaan Majapahit dan Putri Sri Gading Lestari, putri dari penguasa Madura.

Seorang selir Raja Hayam Wuruk memiliki seorang putra bernama Joko Taruno, yang merupakan pangeran Majapahit. Alkisah, mereka jatuh cinta pada seorang putri bernama Putri Sri Gading Lestari. Namun ayah dari putrinya, Raja Arya Wiraraja, tak setuju dengan hubungan Putri Gading Lestari dan Joko Taruno. Sang putri dikatakan diasingkan untuk meditasi di Coban Baung, sebuah air terjun di Purwodadi.

Pangeran Joko Taruno kemudian dipenjarakan di Putuk Truno, dengan tujuan mendapatkan kekuatan untuk membebaskan dirinya dan kembali bersama sang putri. Dengan ketekunannya, Pangeran Joko Taruno berhasil bersatu kembali dengan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Kisah legendaris ini memunculkan mitos bahwa air terjun Putuk Truno dapat memperkuat cinta pasangan.

Untuk bisa menikmati perjalanan anda bisa menggunakan jasa travel Surabaya Jember agar perjalanan anda semakin menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *