Tips Memilih Baju Batik Pria Dan Wanita

Baju batik merupakan baju adat yang berasal dari pulau jawa. Pada mulanya anak muda tidak menyukai kain batik karena corak yang sama membuatnya terlihat seperti orang tua. Namun seiring berjalannya waktu, pola pakaian batik mulai berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Hal ini terlihat dari banyaknya desain baju batik pria maupun wanita yang memiliki ragam warna yang unik, lucu dan variatif yang bisa diaplikasikan untuk anak-anak, remaja dan dewasa.

Pakaian yang awalnya tergolong tradisional, kini siapa sangka kehadirannya bisa memikat hati anak muda. Mereka tidak lagi malu-malu menggunakan batik, mereka juga sangat antusias karena desain kekinian sangat ramah remaja. Meski begitu, banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli baju batik tentunya tidak hanya sekedar membelinya saja misalnya asalkan harganya pas polanya oke biasanya langsung beli.

Untuk membeli baju batik tidak bisa seperti itu, anda harus hati-hati agar baju batik yang anda beli sesuai dengan postur dan selera anda.

Pilih baju batik sesuai selera Anda

Jika menginginkan motif batik yang simpel (kasual) sebaiknya pilih motif nabati atau hewani. Selain itu, jangan memilih warna gelap karena warna gelap pada baju batik tidak menciptakan suasana ceria.

Sesuaikan dengan berat badan Anda

Jika Anda termasuk orang yang berbadan besar atau gemuk, pilihlah kemeja batik ukuran sedang. Sebaiknya Anda tidak mengenakan pakaian dengan motif besar atau kecil karena dapat mempengaruhi penampilan Anda. Untuk Anda yang bertubuh kurus, pilihlah kemeja batik berukuran kecil.

Sesuaikan fashion yang Anda inginkan

Jika ingin tampil kasual dengan gaya, maka kenakan dress berpotongan simpel dengan applique atau detail menarik, dan bagi Anda yang ingin tampil nyaman dengan gaya kasual, pilihlah kemeja batik katun. Lain halnya jika memilih baju batik untuk bekerja, sehingga warna batik dengan kombinasi dark atau pastel lebih cocok untuk dikenakan. Gaya yang Anda pilih juga harus geometris agar penampilan Anda tetap bersih, simpel dan formal.

Pilih motif batik yang simpel untuk Anda yang bertubuh besar

Jika Anda merasa tidak nyaman, padukan geometri dengan ukuran besar dan kecil, agar pas dengan tubuh Anda. Untuk yang bertubuh kecil sebaiknya memilih ukuran batik dengan motif geometris yang simpel, agar tubuh Anda terlihat besar dan serasi.

Pilih baju batik yang sesuai dengan aktivitas Anda

Untuk kegiatan bisnis sebaiknya memilih kemeja batik yang simpel agar tetap menarik dan tegas, jika mau bisa menambahkan ikat pinggang sebagai upaya menambah kesan formal.

Lantas bagaimana dengan motif batik untuk acara seperti menghadiri undangan? Anda bisa memakai model lain sesuai dengan karakteristik tubuh Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan berbagai jenis motif dan warna batik yang Anda sukai. Jangan lupa juga untuk mengubah tema pesta yang Anda hadiri. Untuk undangan casual atau semi formal bisa anda sesuaikan dengan motif floral dan fauna yang serasi dengan warna-warna cerah.

Sebaiknya pilih pola geometris berukuran sedang atau bisa juga pilih yang bermotif klasik, seperti pola ikan troutum dengan sentuhan warna terang atau gelap yang memberi efek mewah. Opsional, Anda juga bisa memilih motif floral untuk membuat gaun formal yang memiliki efek elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *