Pinjaman Uang Ditolak? Ini Tipsnya untuk Move On

Penolakan mengajukan pinjaman bukanlah hal baru. Beberapa debitur berpotensi mengalami hal ini. Tak perlu kecewa setelah pengajuan kredit ditolak. Lihat evaluasi setiap komponen dari aplikasi pinjaman. Beberapa solusi dari Swara Tunaiku ini dapat memandu Anda dalam persetujuan pengajuan pinjaman Anda oleh penyedia kredit.

1. Cari tahu alasan mengapa pinjaman itu ditolak

Penolakan untuk mengajukan pinjaman dari pemberi pinjaman tentunya bukan tanpa alasan. Anda bisa bertanya kepada pemberi kredit mengapa pengajuan pinjaman ditolak. Memang tidak semua pihak bersedia menjelaskan alasannya. Namun jika dijelaskan, akan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan yang menyebabkan aplikasi ditolak. Jika yang terjadi justru sebaliknya, Anda bisa mengetahui alasan penolakan pengajuan pinjaman melalui riwayat kredit Anda dan mengecek kondisi pengajuan pinjaman.

2. Cek status di BI Checking

Status pinjaman setiap orang sangat penting. Pasalnya, setiap pemberi kredit akan memeriksa riwayat kredit masing-masing calon peminjam. Jika status pinjaman Anda aman karena tidak ada tunggakan sama sekali, pengajuan pinjaman Anda dapat disetujui. Namun, berbeda jika pengajuan pinjaman ditolak. Mungkin Anda masih memiliki tunggakan atau riwayat pembayaran kredit yang tidak sehat, seperti kredit macet, kredit macet atau kredit macet.

3. Tingkatkan skor kredit Anda

Nilai kredit sangat penting untuk dikoreksi setelah menemukan kasus penolakan pinjaman. Anda dapat meningkatkan nilai kredit Anda dengan melunasi semua pinjaman. Oleh karena itu, Anda tidak akan pernah memiliki tunggakan lagi.

4. Tertunda tiga bulan setelah pinjaman sebelumnya

Aplikasi pinjaman yang sebelumnya ditolak dapat diselesaikan dengan mengajukan kembali setelah memperbaiki riwayat kredit Anda. Pinjaman sebelumnya dapat dilunasi hingga status pinjaman dapat dijamin kembali. Dengan begitu, pemberi kredit akan lebih percaya diri dalam persiapan Anda mengajukan pinjaman. Situasi keuangan akan kembali normal.

Setelah memperbaiki status pinjaman dan kondisi keuangan Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman lagi. Berikan masa tunggu minimal tiga bulan setelah pengajuan pinjaman ditolak. Setelah itu, Anda bisa mengajukan pinjaman lagi dengan persiapan matang. Peluang pinjaman disetujui akan lebih besar.

5. Tentukan nilai nominal dan jangka waktu pinjaman yang sesuai

Jangka waktu nominal dan pinjaman juga harus dipertimbangkan. Namun, Anda perlu mengajukan pinjaman berdasarkan kemampuan finansial Anda. Jangan biarkan nominal yang berlebihan karena hanya akan menjadi beban dan mengulangi risiko penolakan pinjaman karena lebih berisiko kredit macet. Jangka waktu yang diusulkan juga harus sesuai dengan kemungkinan pembayaran cicilan.

6. Memperhitungkan nilai agunan, jika perlu

Setiap pinjaman memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. semua ini ditentukan oleh penyedia kredit. Anda harus sepenuhnya mengetahui semua informasi yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan ini. Anda perlu mempertimbangkan semuanya, termasuk persyaratan jaminan atau garansi, jika perlu. Dalam mengajukan pinjaman yang harus memiliki jaminan, perlu memberikan jaminan dengan nilai yang sama atau lebih besar dari nominal pinjaman. Oleh karena itu, pengajuan pinjaman kemungkinan besar akan disetujui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *