Mengenal Samsung Galaxy Buds Plus Lebih Dekat

Earphone True Wireless Stereo (TWS) atau earphone nirkabel telah menjadi bagian “penting” dari kebutuhan kita sehari-hari. Saya sering menggunakan perangkat ini untuk mendengarkan musik sambil bekerja, jadi saya tidak pernah bosan. Atau cukup “matikan” suara eksternal saat Anda ingin fokus.

Meskipun smartphone utama saya bukan Samsung, sekitar setahun yang lalu saya memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy Buds Plus, yang menurut saya paling tepat dalam hal harga dan fitur yang ditawarkan. Namun, ada satu atau dua kelemahan yang bisa sedikit mengganggu.

Saat Samsung Indonesia memperkenalkan seri Galaxy S20, perhatian saya sedikit terbagi dengan kehadiran Samsung Galaxy Buds Plus. Sebaliknya, Samsung tampaknya tidak membuat banyak peningkatan, tetapi pembaruan yang dibawanya cukup penting. Waktunya tepat ketika saya kehilangan Galaxy Buds, yang rupanya jatuh di angkutan umum.

Berikut ini deskripsi saya tentang Samsung Galaxy Buds Plus, dari perspektif pengguna generasi sebelumnya.

Desain Samsung Galaxy Buds Plus

Dari sudut pandang ini, perubahan praktis tidak ada. Bentuknya persis sama, mulai dari casing wireless charging hingga earbud-nya sendiri. Satu hal yang langsung terlihat adalah Samsung telah memutuskan untuk menggunakan finishing glossy atau mengilap pada Galaxy Buds Plus, tidak lagi matte / matte seperti Galaxy Buds. Yang menurut saya sebenarnya terlihat lebih murah dan sedikit lebih halus. Namun sepertinya finishing ini membuat Galaxy Buds Plus tidak cepat bosan terutama untuk varian warna putih yang saya gunakan.

Dibandingkan dengan beberapa earbud TWS yang saya uji, Galaxy Buds Plus adalah salah satu yang paling nyaman (masih sedikit di bawah Jabra Elite 75t dan AirPods Pro). Samsung menawarkan opsi untuk tiga ukuran earbud dan sirip, sehingga mudah dikeluarkan dari telinga bahkan saat digunakan untuk olahraga.

Hanya saja, seperti generasi sebelumnya, bahan telinga berbahan karet yang menyertai Galaxy Buds Plus tidak pas di telinga, yang cepat basah. Setelah 30 menit digunakan, itu berubah dan harus diatur ulang. Saya mengatasinya dengan membeli earbud ekstra, yang selain lebih nyaman, membuat earbud sedikit lebih tahan air dan bass lebih jernih. Ya, saya rasa perbedaannya tidak bisa signifikan hanya dengan mengganti daun telinga.

Fitur

Dua hal yang menurut saya perlu diperbaiki oleh generasi pertama; Fitur kualitas suara dan telepon ambien. Kami akan membahas yang pertama terlebih dahulu. Samsung Galaxy Buds tidak dilengkapi dengan fitur pembatalan bising aktif (ANC) yang benar-benar dapat memblokir kebisingan eksternal, tetapi pembatalan kebisingan pasif melalui desainnya yang menutupi saluran telinga.

Nah, agar bisa mendengar suara eksternal dengan lebih jelas, Samsung menyediakan fitur ambient sound, menggunakan mikrofon untuk merekam suara eksternal dan menyalurkannya melalui earphone. Fungsi ini berguna saat kita sedang menunggu jadwal keberangkatan dari bus, kereta api atau panggilan online untuk kopi susu dengan gula merah. Pada generasi sebelumnya, masih belum jelas bagi saya kapan saya harus berbicara langsung dengan orang lain, saya masih harus melepas earphone saya agar terdengar jernih.

Di Galaxy Buds Plus, Samsung menyediakan mikrofon ekstra di setiap earbud. Tujuannya, selain untuk menghilangkan noise saat melakukan panggilan, juga meningkatkan kualitas Ambient Voice. Ada tiga level untuk dipilih, dengan opsi tambahan terlihat dari menu tambahan. Jika Anda memilih, Galaxy Buds Plus akan terasa seperti alat bantu dengar. Suara dari luar sangat jernih sehingga Anda bisa merasakan angin. Kalau di versi sebelumnya set maksimal saya masih kurang jelas, di Galaxy Buds Plus sudah cukup level 2 dan saya bisa berbicara dengan nyaman meski Buds ada di telinga.

Lalu untuk kualitas panggilan, dari yang “menurut saya tidak bisa”, kini salah satu earphone TWS dengan kualitas ponsel terbaik, juga bisa dipasangkan dengan Jabra Elite 75t. Galaxy Buds sebelumnya masih cukup bagus untuk melakukan panggilan dalam kondisi tenang, meski suara mereka terdengar kecil. Tapi kalau kamu di tempat umum, meski mau teriak-teriak, suaranya tetap tidak jelas. Saat menggunakan Galaxy Buds Plus, pihak yang saya hubungi tidak tahu bahwa saya telah pindah dari tempat yang sepi ke tempat umum yang ramai, menunjukkan bahwa peredam bising berfungsi paling baik untuk mengurangi keramaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *