BI Checking Sekarang Jadi SLIK OJK

BI checking, laporan yang berisi riwayat kredit pelanggan atau pinjaman kepada bank atau lembaga keuangan non-bank yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) telah dibatalkan. Sistem ini sekarang telah menjadi SLIK OJK. Apa itu? OJK SLIK Online adalah sistem layanan informasi keuangan yang dikeluarkan oleh OJK, juga dikenal sebagai otoritas jasa keuangan, bukan BI. Meskipun entitas yang menerbitkan berbeda, mereka berdua mendukung memeriksa data kredit seseorang.

Meski intinya sama, OJK SLIK memiliki keunggulan yang tidak dimiliki Ujian BI. Jika tidak ada keuntungan, maka ada perubahan, bukan?

Mengapa Anda tidak menggunakan BI Checking lagi?

Sebelum membahas manfaat dari SLIK OJK, Anda perlu tahu mengapa BI Memeriksa tidak lagi digunakan. Salah satu alasannya adalah layanan keuangan berkembang di Indonesia. Saat ini, layanan keuangan tidak lagi berasal dari bank, tetapi juga dari bank non-bank seperti koperasi, hipotek, untuk modal ventura.

Di bawah peraturan yang ada, semua layanan, baik keuangan dan perbankan, harus di bawah pengawasan OJK. Oleh karena itu, OJK SLIK diimplementasikan untuk membuat mekanisme ini bekerja. Daripada harus pergi ke bank terlebih dahulu, kemudian mengirim data ke OJK, itu membutuhkan waktu lebih lama.

Karena OJK mengawasi layanan perbankan dan non-perbankan, kreditor atau pemberi pinjaman adalah penerima manfaat dari sistem baru ini. Masalahnya adalah mereka tidak hanya mendapatkan informasi kredit dari peminjam, yaitu peminjam dari bank, tetapi juga tentang layanan non-perbankan.

Jika Anda masih menggunakan kontrol BI, Anda hanya akan melihat informasi kredit bank. Jadi informasi yang didapat tidak lengkap. Dengan sistem baru ini, kreditur dapat lebih berhati-hati dalam memberikan pinjaman.

Sekadar informasi, per Desember 2017, ada 1.648 lembaga jasa keuangan yang diketuai oleh OJK SLIK. Jumlah institusi mencapai ribuan tidak hanya bank, tetapi juga koperasi, perusahaan asuransi dan modal ventura.

Jadi apa yang ada di debitur? Dengan sistem ini, Anda tidak benar-benar berubah menjadi seseorang yang dapat mempertahankan reputasi kredit Anda dengan lebih baik. Ini berarti Anda akan lebih berhati-hati saat memberikan pinjaman. Anda tidak akan meminjamkan ketika Anda membutuhkannya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Anda dapat langsung menuju ke kantor OJK. Alamatnya ada di lantai Menara Radius Prawiro. 2, kompleks perbankan Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin nomor 2, Jakarta Pusat. Kantor buka dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

Anda perlu membawa dua ID jika Anda ingin mendapatkan data di sana. Bisa ID dan SIM. Satu akan digunakan untuk acara OJK SLIK, yang lain akan ditinggalkan di meja resepsionis sebagai bukti bahwa Anda adalah tamu di gedung.

Bagi mereka yang tinggal di luar wilayah Jabodetabek, Anda dapat mengunjungi kastil regional yang telah menyebar ke 37 kota di Indonesia.

Padahal, layanan penggantian Inspeksi BI ini harus dilakukan secara offline. Tetapi OJK tidak dapat menyediakan layanan online di masa depan. Buat lebih mudah, tentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *